Kamis, 21 Januari 2010

Keluh Kesah?

Perumpamaan Arab menyebutkan, kepuasan manusia adl sesuatu yg tak bisa tercapai. Jika satu menginginkan A, satunya lagi ingin B; dan kita tak bisa menuruti semua keinginan mereka.

Tapi coba deh Brader & Sista melihat dari sisi lain: keinginan kita sendiri. Terkadang, kita ingin sesuatu, setelah mendapatkannya, kita bosan dg hal itu. Yah, ini hal yg lumrah, ini sifat asli seorang manusia; selalu ingin sesuatu yg baru -jika tak mau dikatakan rewel.

Syair arab berkata:
Anak kecil ingin segera dewasa * Dan orang tua, ingin kembali muda
Yg menganggur ingin bekerja * Yg bekerja, merasa terpaksa
Seorang kaya lelah dg harta * Si miskin lelah dg kefakirannya
Si banyak anak bingung dg anak2nya * Yg mandul bingung dg keputus asaannya
Yg berwajah buruk sering mengeluh * Yg berwajah elok, pun suka mengeluh
Yang kalah (bertanding atau berperang) merasa celaka * Yang menang pun tak selalu bahagia
Ada yg mencari kemuliaan dg berapi2 * Ketika mendapatkannya, menjadi lalai
Keluhan2 yg tak berguna * Yg bertentangan antar kedua pilihannya

Itu semua terjadi karena satu hal: kita kurang mensyukuri nikmatNya.

Memang seperti inilah sifat manusia. Coba deh Brader & Sista lihat Alquran, yg artinya, "Sesungguhnya manusia diciptakan suka berkeluh kesah juga kikir. Jika ditimpa kesusahan berkeluh kesah. Jika mendapat kebahagiaan menjadi kikir." hm, memang benar, bukan?

Tapi, firmanNya tak berhenti disini. Disana ada pengecualian, yg skaligus cara agar Brader & Sista bisa menghindari sifat buruk (slalu tak puas) ini: "Kcuali org2 yg sholat. Yaitu mreka yg slalu menjalani shalatnya."

Brader & Sista tentu tahu, bahwa shalat itu mncegah kita dari prbuatan jelek dan munkar. Yaps, shalat adalah "pengingat" bagi kita, agar kita selalu berada dijalanNya. Pengingat bahwa semua adl milikNya. Dg menyadari itu, kita akan bisa mensyukuri apapun keputusanNya. Semua kputusanNya -yg kita rasa baik ataupun tidak- adl yg terbaik bgi kita, karena Dia pasti lebih mengerti ttg keadaan kita. Jika seseorang sudah bisa menyadari ini, dia akan berpikir: buat apa keluh kesah, jika kita selalu mendapatkan yg terbaik? Bersyukur tentu lebih baik!
###
Jadi, yuk kita selalu istiqamah shalat!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda