Kamis, 21 Januari 2010

Cemburu!!

Kebetulan saja, tadi saya membaca artikel yg bgitu bagus. Saya pikir, cocok skali jika saya translate dan saya posting ke Brader & Sista. Tulisan seorang imam besar, Ibn Atha'illah Assakandari (w. 656 H). Simak deh.

Beliau berkata, cukuplah sebagai sebuah kebodohan, jika kau cemburu pada istrimu, tapi kau tak cemburu pada imanmu. Cukup pula sebagai sebuah kebodohan, jika kau cemburu pada istrimu, hanya karena mementingkan dirimu, tapi tak cemburu pd imanmu karena tuhanmu. Jika kau menjaga hak2 milikmu, kenapa kau tak menjaga hak2 tuhanmu?
###
Cemburu pada istri adalah keadaan naiknya 'darah'mu juga kesalmu, (dg prasaan aneh), ketika seorang istri menampakkan perhiasan juga kecantikannya pada orang lain. Cemburu seperti ini -yang bisa menjaga harga dri seorang suami- tentu saja baik, selama tak melebihi batas.

Tapi, Ibn Atha'illah pada kecemburuan yg lebih penting; Kecemburuan pada iman juga hati kita. Yaps, hati, karena dari situ iman berkembang.

Cemburu pada iman dan hati, adalah rasa kesal dan sesal yg muncul, ketika diri kita berpaling dari mentaatiNya. Seperti ketika hati seseorang terpenuhi dg cinta dunia, cinta kedudukan, rasa iri, dengki, dan sgala penyakit hati.

Yang seharusnya, jika kita merasakan kecemburuan ini, kita langsung berusaha berpaling dari itu semua, dan berusaha mentaatiNya, juga merasa takut padanya!

Dan, semua jawaban kembali pada diri kita masing2...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda